Selasa, 03 Oktober 2017

Berkenalan dengan Basisdata, #Pertemuan1


Jika anda menjadi wanita yang ada dalam gambar diatas, apa yang akan anda lakukan saat anda diminta untuk mencari sebuah data yang ada dalam arsip tersebut ? Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan permintaan tadi ?

Sudah pasti hal itu akan membuat anda semakin naik darah, karena sekian banyak data yang berserakan tidak menentu, waktu yang anda butuhkan pasti tidak sebentar untuk mencarinya, dan hasilnya kerja anda tidak efisien. Apalagi jumlah arsip setiap waktu selalu bertambah, pasti bakal kompleks permasalahannya.

Nah, untuk mengatasi hal itu, biasanya kita mengorganisasikan arsip tersebut dan menyimpannya pada lemari arsip, namun sebelumnya kita akan melabeli tiap arsip dengan kode tertentu agar kita dapat mencarinya lain waktu (jika diperlukan).



Dan, apa hubungannya lemari arsip dengan database ? Emangnya kita mau promoin lemari arsip ?
heheheee.... sabar ya...
Basisdata/database memiliki fungsi yang hampir sama dengan lemari arsip, dimana basisdata digunakan untuk menyimpan data yang disusun/diatur berdasarkan kategori, dan memiliki kode/penomoran yang berbeda agar memudahkan saat proses pencarian datanya.

Namun dibandingkan lemari arsip, basisdata memiliki keunggulan dari sisi kemudahandan kecepatannya dan penyimpanannya berada di komputer.

Secara definisi, basis data terdiri dari 2 (dua) kata yaitu "Basis" dan "data". Kata "Basis" disini dapat diartikan sebagai gudang atau tempat berkumpul, sedangkan "data" memiliki pengertian, informasi yang memiliki makna.

Jadi basis data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang disimpan dikomputer dan dapat dikelola kembali dengan menggunakan program komputer.

Dan program komputer yang biasa digunakan untuk mengelola informasi (basis data) disebut Database Management System (DBMS).

Dan pada implementasinya, basis data banyak digunakan di berbagai bidang pekerjaan, dan hampir semua instansi telah menggunakannya.

Mungkin, sedikit pembahasan diatas bisa memberikan gambaran tentang apa itu basis data, sehingga pada tahap perkenalan ini bisa memberi kesan yang baik, sehingga untuk  mengenal lebih dalam lagi tentang basis data pada postingan berikutnya bisa lebih menyenangkan lagi.

bye.. bye... :-)

*) Tulisan ini sebelumnya saya publish di blog lama saya..

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar