Minggu, 27 Maret 2016

Materi 1 : Pengenalan Web


Website merupakan halaman informasi ( data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya) yang disediakan melalui jalur internet dan bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. 

Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. 

Sebuah Web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. 

Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Web page layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia. (sumber)

Pada dasarnya website dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Website Statis
Model web statis ini tampilannya tidak dapat berubah secara otomatis, untuk melakukan perubahan isi halaman harus dilakukan secara manual dengan mengubah kode html nya.

2. Website Dinamis
Model web dinamis sudah terhubung dengan database, sehingga isi halaman web dapat berubah secara otomatis setiap ada data baru yang disimpan di database. Perubahan dapat dilakukan melalui panel administrator maupun dari pengunjung, sesuai dengan ketentuan setiap pemilik web. Saat ini hampir semua website diseluruh dunia sudah menggunakan website dinamis.

Website biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP seperti Apache HTTP Server atau Internet Information Services (IIS)

Secara garis besar website memiliki manfaat sebagai berikut :
1. Media Promosi
2. Media Pemasaran
3. Media Informasi
4. Media Pendidikan
5. Media Komunikasi
6. File Sharing

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar