Jumat, 18 Maret 2016

Fenomena Equinox hanya Hoax, Tapi Batam Tetap Panas

Dua hari terakhir ini dunia jagat maya digegerkan dengan berita yang berisi himbauan untuk tidak keluar disiang hari (pukul 12.00 - 15.00 WIB) mulai tanggal 20 Maret 2015 dan selama lima hari kedepannya.

Dikatakan dalam viral tersebut, pada tanggal itu akan ada fenomena Equinox yang akan membahayakan manusia karena dapat menyebabkan dehidrasi dan heat stroke.

Sebenarnya apa seh Equinox itu ?

Equinox adalah kejadian dimana posisi matahari berada pas diatas jalur katulistiwa dan kejadian ini akan terjadi dua kali dalam satu tahun.
Istilah equinox berasal dari bahasa Yunani yang artinya Malam yang Panjang, karena saat equinox terjadi  saat malam akan mengalami gelap yang panjang begitu juga saat siang akan terang lebih panjang.

Lalu apakah berita yang sudah terlanjur jadi viral itu benar adanya ?

Menurut Pak Philip Mustamu selaku Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, yang dilansir oleh beberapa media online nasional mengatakan bahwa isu equinox yang akan menghantam Provinsi Kepri hari minggu besok adalah tidak benar.

Suhu di wilayah Kepri yang diberitakan akan mencapai 40 derajat celcius sebenar hanya mencapai 34 derajat celcius. Rata-rata suhu udara di Kepri maksimal 32 sampa 33 derajat celcius.

Equinox memang akan terjadi tanggal 21 Maret namun itu terjadi dibelahan bumi bagian selatan dan akan melintasi bagian bumi utara pada tanggal 23 September 2015.
Jadi masyarakat di Prov. Kepri tidak usah takut dengan isu fenomena equinox yang akan muncul akhir pekan ini karena itu 1000% HOAX.

Walaupun itu berita hoax saya sendiri juga tidak mau keluar disiang hari di hari minggu apalagi saat pukul 12.00 WIB karena tanpa equinox juga tetap panas, dan itu hari libur lebih baik di rumah menikmati liburan bersama keluarga. Hehehe

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar